Header Ads

Siapa Itu ISIS Gerakan Penentang Di Iraq?

Siapa Itu ISIS Gerakan Penentang Di Iraq?
Sekarang ini kecoh mengenai penggerakan Sunni ISIS ( Kumpulan Negara Islam Iraq Dan Syam) di Iraq dan dengar khabar ia  telah meluaskan kawasan jajahan mereka di Iraq. Malah semalam mereka telah mengumumkan pembentukan negara Khalifah dan tak lama ISIS akan di tukar kepada Daulah Islam negara Islam (IS)

ISIS adalah sebuah kumpulan yang harus kita ambil perhatian kerana ia dikatakan akan mengambil alih penggerakan Al-Qeada dalam masa terdekat ini.

Buat masa sekarang pihak barat hanya memerhati sahaja pertelingkahan yang berlaku di Iraq dan Syria. Tetapi aku jangkakan dalam masa terdekat ini pasti sesuatu kelainan akan berlaku.

Lagipun di Syria terdapat penggerakan Islam yang lain menentang Bassad dan jika kita kenali orang Arab ini, sudah tentu akan berlaku peperangan sesama sendiri dalam menguasai kawasan jajahan terutama dengan ISIS.


Bagaimana pula peranan Rusia dan Iran dalam hal ini berkenaan ISIS . Adakah penggerakan Sunni ini akan di dokong oleh Iran tetapi apakah tindakan Rusia iaitu sekutu Syria akan berpeluk tubuh sahaja atau berpaling arah.

Itulah hipotesis aku mengenai ISIS ini dan disini aku ingin berkongsi maklumat siapa itu ISIS dari penulis Indonesia ini.
Siapa Itu ISIS Gerakan Penentang Di Iraq?

Kelompok Islam militan yang dikenal sebagai Negara Islam Iraq dan Syria (Islamic State of Iraq and Syria/ISIS) telah mengambil alih sejumlah kota di Iraq, di antaranya Mosul di Tikrit. Kelompok ini kian mendekati tujuannya untuk menciptakan sebuah negara Islam terpadu yang melintas dari Iraq hingga perbatasan Syria

Tentera Iraq, yang diharapkan untuk mempertahankan Mosul, meninggalkan kota itu saat serangan ISIS dimulai. ISIS sebelumnya telah menyerbu Kota Fallujah. Kelompok tersebut kini juga menguasai wilayah yang cukup luas di tepi Aleppo di Suriah barat.

Berikut ini lima hal untuk memahami ISIS dan perjuangannya di Timur Tengah.

Siapa Mereka?
ISIS  singkatan dari Negara Islam  Iraq dan Syria, juga dikenal sebagai Negara Islam Iraq dan Levant (Islamic State of Iraq and the Levant/ISIL). Kelompok ini mencoba untuk membentuk sebuah negara merdeka dengan wilayah meliputi Irak, Syria, dan bagian dari Lebanon. Kelompok ini dipimpin oleh seorang ulama  Iraq bernama Abu Bakr al-Baghdadi.

Apa yang mereka lakukan?
ISIS telah berjuang melawan Presiden Syria Bashar al-Assad serta kelompok-kelompok militan Islam lainnya di Syria untuk mengontrol bagian dari Syria. Mereka juga memerangi pemerintah  Iraq dalam upaya untuk membentuk negara ISIS bersatu. Taktik brutal yang ekstrem dilakukan setelah kepemimpinan dipegang pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri.

Seberapa kuat mereka?
Minggu ini, pasukan ISIS menguasai Mosul, kota terbesar ketiga di Irak dan yang terbesar sepanjang perbatasan Irak-Syria. Bersamaan dengan itu, ISIS menyita lebih dari US$ 400 juta wang tunai dari bank-bank di kota tersebut, menjadikannya lebih kaya dari banyak wilayah di negara itu. Menurut Associated Press, ISIS juga telah menguasai Tikrit, di mana Saddam Hussein dilahirkan.

Bagaimana bentuk perlawanannya?
Karena menguasai kota-kota di kedua sisi perbatasan Syria-Irak, pasukan ISIS dapat dengan cepat memindahkan senjata yang disita dari Mosul ke Syria pada hari Senin. Senjata-senjata, termasuk Humvee, senapan, rudal, dan amunisi, akan membantu mempersenjatai ISIS dalam pertempuran di kedua sisi perbatasan.

Bagaimana negara yang ingin mereka dirikan?
Wilayah di bagian barat Iraq yang ingin ISIS dirikan berada di basis muslim Sunni, begitu juga wilayah Syria yang ingin mereka rebut. Banyak muslim Sunni di  Iraq telah bergabung dengan ISIS untuk memerangi tentara  Iraq, yang berada di bawah kendali minoritas Syiah terutama yang tinggal di sisi lain negara itu.


Siapa Itu ISIS Gerakan Penentang Di Iraq?

6 comments

Farah Waheda Wahid said...

great piece of sharing bang...

Pilihan Sukan said...

semakin berpecah belah negara arab kini

Mau Lana said...

Perang jer, bila IQD nak rv

setya said...

Semoga tanah Arab akan bisa kembali damai.aamiin

Anonymous said...

isis tu tali barut US.latihan ketenteraan di kem bawah seliaan US.

Anonymous said...

selalu berpegang pada Hadits dan Qur'an

admin menjelaskan tentang isis hanya secara ilmu duniawi , jadi jangan dipercaya

sekarang coba cari tahu tentang Imam Mahdi dan Cocokan dengan munculnya Isis..